feature content slider

Ciri Khas Kain Sutra Asli

Sutra merupakan sejenis serat protein alami yang dapat ditenun menjadi bahan kain. Jenis sutra yang paling umum digunakan sebagai bahan pembuatan kain yaitu berupa serat sutra yang dihasilkan dari kepompong ulat sutra murbei. Asam amino yang terdapat di dalam serat sutera mampu memberikan efek halus dan lembut pada tampilan kain sutra, sehinga tekstur bahannya akan terasa lebih nyaman saat dikenakan.

Ciri Khas Kain Sutra Asli
Berdasarkan cara pembuatannya kain sutra sendiri dapat dibedakan kedalam dua golongan. Pertama kain sutra yang dibuat dengan alat tenun mesin (ATM) dan kain sutra yang dibuat menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM).

Kain sutra yang dibuat dengan ATBM jatuhnya lebih terasa agak kasar, tebal, cepat kusut meski tetap lembut, dan teknik pewarnaannya juga terbilang lebih alami. Dari segi harga, kain sutra ATBM ini juga cenderung lebih mahal karena hanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Selain itu ukuran pun lebih kecil.

Sementara untuk kain sutra yang dibuat dengan ATM teksturnya akan terasa lebih halus, lembut dan rapat. Karena diproduksi secara masal coraknya pun cenderung banyak yang sama. Jenis sutra ATM yang cukup populer yaitu berupa sutra buatan Tiongkok.

Berbeda dengan bahan kain pada umumnya, kain sutera secara keseluruhan memiliki kepadatan yang lebih rendah dari katun, nilon, dan wol. Selain itu kain sutra juga memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban sekitar sepertiga dari beratnya sendiri tanpa meninggalkan efek berat dan basah.

Untuk memudahkan anda dalam memilih kain sutra yang berkualitas berikut kami bagikan informasi mengenai ciri-ciri khusus yang terdapat pada kain sutra asli.

Benang penyusun yang terdapat pada kain sutera sangat kuat dan tidak mudah putus.
Kain sutera memiliki kemampuan menyerap yang baik sehingga akan terasa tetap dingin meski digunakan di daerah yang bersuhu panas.

Kandungan asam amino yang terdapat pada benang sutra menjadikan tekstur bahannya terasa sangat lembut saat menyentuh kulit.

Bahan sutra memiliki ciri khas yang berkilau seperti mutiara. Hal ini disebabkan karena lapisan-lapisan fibroin (sejenis protein yang dihasilkan ulat sutra).
Serat benang sutra yang asli jika dibakar tidak akan cepat habis dan akan menghasilkan bau yang sama persis dengan rambut atau pun bulu manusia.
Kain sutra dapat difungsikan sebagai tabir surya yang melindungi bagian kulit manusia dari paparan sinar ultraviolet matahari.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dodol Garut Chocodot - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger